Sifat-sifat Tokoh dalam Novel

HomeBahasa IndonesiaKelas IX  on 29 June 2013    comments  

Pengertian Novel adalah karangan yang berbentuk prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan manusia. Novel merupakan jenis cerita fiksi yang mempunyai alur dan tokoh.

Sifat-sifat dan watak dalam novel dijelaskan secara runtut dan jelas. Disamping itu, sifat antar tokoh juga memiliki perbedaan.

Perbedaan sifat antar tokoh menjadikan cerita dalam novel menjadi lebih hidup dan menarik. Penokohan dalam novel merupakan pemberian sivat/watak pelaku dalam sebuah cerita. Penokohan terbagi menjadi dua, yakni sebagai berikut:

  1. Tokoh protagonis, yakni tokoh utama yang bertugas sebagai penggerak cerita.
  2. Tokoh antagonis, yakni tokoh yang menentang tokoh protagonis. Tokoh antagonis adalah tokoh penghalang atau masalah bagi tokoh protagonis.

Tokoh yang memegang peran penting pada setiap kejadian dalam novel dari awal sampai akhir disebut juga dengan tokoh utama. Tokoh dalam sebuah karya sastra ditentukan dengan menghubungkan kejadian yang dialami tokoh tersebut. Tokoh yang membantu melancarkan jalan cerita disebut juga dengan tokoh pembantu.

Sedangkan untuk tokoh yang selalu menjadi pusat perhatian disebut juga dengan tokoh sentral. Berdasarkan fungsinya, tokoh utama dan tokoh sentral memegang peran yang sama sepanjang cerita.

Terdapat beberapa cara yang dilakukan pengarang dalam melukiskan watak tokoh. Hal tersebut dikarenakan setiap tokoh mempunyai watak yang berbeda-beda.
Adapun cara-cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Secara langsung dengan diperintah
  2. Melalui pelukisan terhadap keadaan sekitar pelaku.
  3. Melalui dialog pelaku-pelakunya.
  4. Penggambaran secara langsung.
  5. Melalui dramatisasi.
  6. Melalui analisis psikis pelaku.
/body>