Pengertian Norma Kesusilaan

HomeSainsPKn  on 19 March 2013    comments  

(Pengertian Norma Kesusilaan) – Norma kesusilaan yang juga disebut dengan norma moral adalah norma yang biasa terdapat dalam masyarakat dan dianggap sebagai peraturan maupun dijadikan suatu pedoman dalam bertingkah laku (berbudi pekerti / berakhlak).

Pada umumnya pelanggaran dalam norma kesusilaan adalah adanya perasaan menyesal, tekanan batin dan perasaan malu. Adapun tujuan dari norma kesusilaan adalah hampir sama dengan norma agama, yakni membentuk karakter manusia menjadi lebih baik.

Contoh norma kesusilaan adalah seorang anak yang biasa melakukan penciuman tangan terhadap orang tua atau gurunya ketika bersalaman sebagai tanda hormat.

Sedangkan untuk pelanggaran norma kesusilaan adalah berbohong, tidak adil, pilih kasih dan berbagai perilaku tidak baik yang tak diketahui oleh orang lain.

Oleh sebab itu, setelah kita mengetahui dari peran penting norma kesusilaan ini sebaiknya kita hindari hal-hal yang dapat melanggar norma kesusilaan / norma moral ini supaya kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.

/body>