Pengertian Hubungan Internasional

HomeSainsPKn  on 31 May 2013    comments  

Hubungan internasional atau yang biasa dikenal dengan hubungan antar bangsa ini adalah suatu interaksi manusia antar bangsa baik secara kelompok maupun individu yang dilakukan secara langsung ataupun tak langsung.

Hubungan internasional sendiri diadakan bertujuan untuk menciptakan suatu perdamaian dan kesejahteraan hidup umat manusia.

Hubungan internasional tentunya memiliki landasan dan prinsip-prinsip persamaan derajat antar sesama negara.

Adapun pengertian hubungan internasional menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:
Tygve Nathlessen
Hubungan internasional adalah bagian dari ilmu politik, oleh karena itu komponen hubungan internasional sendiri tak lepas dari Politik internasional, organisasi dan administrasi internasional serta hukum internasional.

Kenneth W. Thompson
Hubungan internasional merupakan studi tentang rivalitas antar bangsa serta kondisi-kondisi dan institusi-institusi yang memperbaiki maupun memperburuk rivalitas tersebut.

Charles A. Mc. Clelland
Hubungan Internasional adalah studi yang mempelajari tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

Mochtar Kusumaatmadja
Hubungan Internasional adalah hubungan antar bangsa dan berkembang juga kebiasaan-kebiasaan maupun peraturan-peraturan hukum yang mana merupakan bagian dari kesepakatan bersama.

Tulus Warsito
Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi dari politik luar negeri yang terdiri dari beberapa negara.

Drs. R. Soeprapto

Hubungan Internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan cabang-cabang pengetahuan lain dan mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

J.C. Johari
Hubungan Internasional adalah sebuah studi terkait interaksi yang berlangsung nonnegara (non states actors) yang perilakunya mempunyai dampak terhadap tugas-tugas suatu negara.

Adapun hubungan internasional Indonesia adalah hubungan antar bangsa dalam berbagai aspek yang dilakukan suatu negara yang didalamnya terdapat aspek politik, ekonomi, sosial budaya hinggga pertahanan keamanan dalam rangka mencapai tujuan nasional bangsa tersebut.

/body>