Makna Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda

HomeSainsPKn  on 09 February 2013    comments  

Sumpah pemuda merupakan pernyataan yang diucapkan oleh para pemuda untuk menyatakan tekad bahwa hanya ada satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia.

Isi sumpah pemuda yang diikrarkan oleh berbagai kalangan pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kamu putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Dengan adanya ikrar Sumpah Pemuda tersebut, seluruh Bangsa Indonesia menyadari begitu pentingnya rasa persatuan. Tanpa adanya persatuan, tak mungkin bangsa Indonesia dapat mengusir penjajah.

Adapun makna yang terkandung dalam Sumpah Pemuda antara lain adalah sebagai berikut:

  • Di kalangan tokoh-tokoh pergerakan telah ada perubahan pola pikir dari lingkup kedaerahan ke lingkup nasional.
  • Perubahan pola pikir tersebut telah melahirkan kesadaran nasional bahwa seluruh penduduk yang mendiami Nusantara ini menjadi satu bangsa besar dengan nama Indonesia.
  • Disepakatinya penggunaan bahasa Melayu untuk keperluan persatuan. Dari berbagai organisasi dan beragamnya daerah dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Pada awalnya bahasa yang digunakan adalah bahasa Belanda.

Dari Sumpah Pemuda, terlahirlah satu tekad, yakni satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia. Oleh sebab itu ikrar Sumpah Pemuda ini diucapkan oleh para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 dan pemerintah Republik Indonesia pun menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Sekedar informasi bahwa Gedung tempat diikrarkannya Sumpah Pemuda sekarang dinamakan Gedung Sumpah Pemuda yang terletak di Jl. Kramat Raya No. 106 Jakarta.

Gedung tersebut saat ini telah dijadikan Museum Sumpah Pemuda, dimana sebuah museum perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada museum ini terdapat banyak koleksi foto dan benda-benda yang berhubungan dengan Sejarah Sumpah Pemuda dari tahun 1928, serta foto-foto kegiatan-kegiatan dalam pergerakan nasional Indonesia.

Museum Sumpah Pemuda adalah salah satu benda cagar budaya Nasional yang harus dilindungi dan dijaga.

/body>