Pengertian Ekologi dalam Cabang Ilmu Biologi

HomeSainsIPA  on 02 June 2013    comments  

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ekosistem. Istilah ekologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu Oikos dan Logos. Istilah ini pada awalnya diperkenalkan oleh Ernst Heckel pada tahun 1869.

Akan tetapi jauh sebelumnya, studi dalam bidang-bidang yang sekarang termasuk dalam ruang lingkup ekologi telah dilakukan oleh para ahli.

Ekologi adalah salah satu cabang Biologi yang merupakan bagian dasar Biologi. Ruang lingkup ekologi sendiri meliputi populasi, komunitas, ekosistein hingga biosfer. Studi-studi telah dikelompok dalam Autekologi dan Sinekologi.

Terdapat dua asas dalam Ekologi yaitu:
1. Dimanapun suatu organisme ada tidak akan bisa hidup mandiri, untuk hidupnya suatu organisme memerlukan organisme lain dan lingkungannya.
2. Lingkungan diperlukan organisme untuk perlindungan, makan, pertumbuhan, perkembangbiakan dan lain-lain.

Ekologi berkembang seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Perkembangan ekologi tidak lepas dari perkembangan ilmu yang lain. Misalnya saja perkembangan ilmu komputer sangat berperan dalam membantu perkembangan Ekologi. Penggunaan model-model matematika dalam ekologi misalnya, tidak lepas dari perkembangan ilmu matematika dan ilmu komputer.

Ruang lingkup kajian ekologi yang utama yaitu perubahan populasi suatu spesies pada waktu yang berbeda-beda. Perpindahan energi dan materi dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup lainnya serta faktor yang mempengaruhinya, serta terjadinya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan merupakan salah satu kesatuan fungsional, artinya antara komponen yang satu dengan yang lainnya saling brinteraksi membentuk suatu sistem yang dikenal dengan ekosistem.

Jadi, objek ekologi adalah ekosistem tersebut.