Pengertian Norma Agama

HomeSainsPKn  on 07 March 2013    comments  

Pengertian Norma Agama – Norma dalam kehidupan sehari-hari dapat diartikan sebagai pedoman atau tata cara yang mengatur atau membatasi sesuatu dalam bertingkah laku dan hal ini sangat diperlukan dalam suatu pergaulan.

Norma agama adalah suatu aturan yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan dan mengatur tingkah laku manusia dengan sesama berdasarkan pada ajaran suatu agama. Norma agama pada umumnya diambil dari nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci suatu agama.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa kitab suci suatu agama yang sangat dipercaya oleh pengikutnya, adapun kitab-kitab suci tersebut adalah sebagai berikut:
Kitab Al-Qur’an: Al-Qur’an dijadikan pedoman oleh pemeluk Agama Islam.
Kitab Injil: Injil dijadikan pedoman oleh pemeluk agama Kristen protestan dan Katholik.
Kitab Tripitaka: Kitab ini dijadikan pedoman oleh pemeluk agama Budha.
Kitab Weda: Weda merupakan kitab suci yang dijadikan pedoman oleh pemeluk agama Hindu.

Norma agama bertujuan untuk menyempurnakan manusia supaya orang tersebut menjadi baik dan selalu menjauhi hal-hal yang buruk. Disamping itu norma agama juga lebih mengarah kepada batin manusia.

Adapun beberapa perbedaan yang membedakan antara norma agama dengan norma yang lain adalah terletak pada sanksinya. Sanksi untuk pelanggar norma agama biasanya tidak langsung, yakni berupa dosa, karma. Dimana sanksi ini terjadi ketika manusia sudah berhadapan dengan Tuhan.

Semua norma agama memuat beberapa kewajiban yang harus ditaati oleh manusia dan diantaranya adalah:
Kewajiban untuk beribadah
Saling tolong-menolong
Hormat-menghormati antar pemeluk agama
Saling mengasihi dan tak saling menyakiti