Makna Satu Nusa, Satu Bangsa dalam Lagu Karya L. Manik

HomeSainsPKn  on 14 February 2013    comments  

L. Manik, merupakan seorang pencipta salah lagu Nasional Indonesia yang berjudul “Satu Nusa Satu Bangsa”. Adapun Syair / Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa adalah ( Satu nusa satu bangsa satu bahasa kita, Tanah air pasti jaya untuk selama-lamanya, Indonesia pusaka, Indonesia tercinta, Nusa bangsa dan bahasa Kita bela bersama ).

Isi dari kandungan lagu ini ternyata sangat kental dengan peristiwa Sumpah Pemuda. Dimana dari Ikrar Sumpah Pemuda diketahui bahwa para pemuda diwaktu itu tak hanya mengakui sebagai satu bangsa saja, namun juga mengaku sebagai satu nusa dan satu bahasa.

Ikrar sumpah pemuda yang memiliki isi satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa ternyata memiliki makna yang sangat mendalam.

Makna Satu Nusa
Satu nusa mempunyai makna bahwa bangsa Indonesia mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia. Nusa dapat diartikan pulau, disamping itu Nusa juga dapat diartikan tanah air, tanah tumpah darah, tanah tempat kita tinggal.

Meskipun memiliki beribu-ribu pulau yang terpisah oleh lautan, termasuk pulau besar dan pulau kecil yang tersebar dari Sabang sampai Merauke namun masih tetap satu tanah air yaitu Indonesia. Dengan adanya hal ini tentu saja semangat untuk bersatu semakin kuat dan menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang Kokoh dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Makna Satu Bangsa
Satu Bangsa dapat diartikan bahwa, walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan keadaan budaya yang beraneka ragam, namun kita tetap mengaku sebagai bagian dari satu bangsa yaitu Bangsa Indonesia.

Suku bangsa yang berada di wilayah kesatuan Republik Indonesia walaupun masing-masing mempunyai budaya yang tidak sama, namun memiliki pengalaman sejarah yang sama. Dimana hampir seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia sama-sama pernah merasakan dijajah dalam waktu yang cukup lama. Mereka juga mempunyai tekad yang sama guna untuk meraih kemerdekaan dari segala bentuk jenis penjajahan.

Dari kesemaan tekad tersebutlah menjadikan kita merasa benar-benar satu bangsa sehingga terciptalah semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mampu menggambarkan kondisi bangsa Indonesia walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua.

Adapun beberapa nama suku yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

Aceh, Gayo, Alas, TamiangNanggroe Aceh Darussalam
Batak, Toba, Nias, SimalungunSumatra Utara
Minangkabau, CaniagoSumatra Barat
Melayu, Suak Dalam, SakaiRiau
Kubu, KerinciJambi
Sunda, Badui, BantenJawa Barat
BetawiDKI Jakarta
Jawa, SaminJawa Tengah
Jawa, Madura, TenggerJawa Timur
BaliBali
SasakNusa Tenggara Barat
Timor, Rote, BelaNusa Tenggara Timur
DayakKalimantan Barat
BanjarKalimantan Selatan
Sangir, Minahasa, GorontaloSulawesi Utara
Bugis, TorajaSulawesi Selatan
Muna, WalioSulawesi Tenggara
Asmat, DaniPapua